[SOLVED] Masalah Touchpad pada Lenovo Ideapad320

Bagi pengguna linux, tentunya kerap jengkel ketika hendak memasang linux pada suatu perangkat tapi banyak fitur yang tidak dapat digunakan [BUG]. Hal ini membuat kesan linux menjadi angker bahkan tidak familiar dengan perangkat yang ada dijual dipasaran. Kejadian ini juga saya alami, katika memasangkan linux pada perangkan Lenovo Ideapad320. Touchpadnya tidak berfungsi, padahal pada OS sebelumnya (MS.Windows10) Touchpad berfungsi dengan baik.

Bukan opensource namanya kalau tidak ada solusi, sayapun memberanikan diri untuk melakukan oprek tingkat lanjut. Saya melakukan pemerikasaan kernel yang digunakan saat ini :

 

 

 

 

 

 

dan ternyata kernel yang saya gunakan masih terbilang lama, sementara itu paket kernel yang tersedia sampai tulisan ini dibuat adalah versi 4.14. Dan sayapun melakukan pembaharuan khusus kernelnya saja, karena disisi lain beberapa aplikasi yang ada didalam distro linux tersebut belum memerlukan pembaharuan karena masih berjalan sesuai dengan fungsinya.

Paket kernel terbaru dapat di unduh di : http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/v4.14/, biar lebih mudah carilah paket kernel sesuai dengan distro linux yang anda gunakan. Pastikan paket pendukung seperti gcc sudah terpasang, kemudian lakukan kompilasi.

Setelah proses pembaharuan kernel selesai, lakukan restart dan touchpad lenovo idepad320 dijamin berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s